Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Profil Suswono, Politikus Senior PKS Pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024

TriasPolitica.net : Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil dan Suswono sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta 2024 di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, (19/8/2024).

Deklarasi dukungan ini, sekaligus menyapu bersih parpol pendukung di Pilkada DKI Jakarta. Total  ada lebih dari 12 parpol pendukung Ridwan Kamil-Suswono. Parpol-parpol tersebut yaitu, Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, NasDem, PKB, PKS, Perindo, PSI, PPP, Gelora dan Partai Garuda.

Lalu siapa Suswono? Berikut profil singkatnya.

Suswono lahir di Tegal, Jawa Tengah pada 20 April 1959. Dia adalah putra pasangan H. Asyraf dengan istrinya Hj. Suratni. Sejak kecil, Suswono terkenal sebagai anak yang pintar, sejumlah prestasi diperolehnya saat masa sekolah, di antaranya Suswono mendapatkan penghargaan sebagai pelajar teladan semasa SMA dan menjadi lulusan terbaik Sepadya pada tahun 1987.

Suswono merupakan lulusan Program S1 Sosial Ekonomi Peternakan IPB pada tahun 1984, selanjutnya dia meneruskan pendidikannya di Magister Manajemen Agribisnis dan Doktoral Manajemen Bisnis IPB.

Suswono merupakan salah satu tokoh pendiri Partai Keadilan atau PK yang menjadi cikal bakal Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Saat ini, Suswono menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PKS periode 2020-2025.

Dia mengawali karir politiknya dengan bergabung di PKS pada 2004. Suswono kemudian maju sebagai caleg dan maju ke bursa pemilihan umum. Dia akhirnya terpilih dan dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS yang membidangi masalah pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, kelautan, dan pangan.

Sebelum menjabat sebagai anggota DPR RI, Suswono pernah menjadi Tenaga Ahli Menteri Kehutanan tahun 1999 hingga tahun 2001. Pada tahun 2009, ketika presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan reshuffle kabinetnya, Suswono terpilih untuk menggantikan Anton Apriyantono yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pertanian. ***

Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved