Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Prabowo Tunjuk Terawan sebagai Penasihat Khusus Presiden Urusan Kesehatan Nasional


TriasPolitica.net : 
Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dilantik sebagai Penasihat Khusus Presiden Urusan Kesehatan Nasional di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Selasa (22/10/2024). 

Pelantikan Terawan ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 140/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Putusan Khusus Presiden Indonesia Tahun 2024-2029. 

Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto lahir 5 Agustus 1964 di Sitisewu, Yogyakarta. 

Pendidikannya di jenjang sekolah dasar hingga perguruan tunggi ditempuh di Yogyakarta.  Terawan menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) dan lulus pada 1990. 

Ia kemudian melanjutkan pendidikan dalam bidang militer dengan masuk Sepawamil 1990. Sekarang, pendidikan ini dikenal sebagai Sekolah Perwira Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia. 

Dalam bidang kedokteran, Terawan melanjutkan studinya ke jenjang S2 di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya dengan mengambil spesialisasi radiologi. Ia lulus pada 2004. 

Setelah itu, Terawan melanjutkan pendidikan doktoral di Universitas Hasanuddin, Makassar. Ia berhasil mendapatkan gelarnya pada 2013. 

Terawan Agus Putranto dipercaya menjadi Menteri Kesehatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Jabatan sebagai menteri tersebut hanya diemban Terawan selama satu tahun, yaitu antara 23 Oktober 2019 hingga ia di-reshuffle pada 23 Desember 2020. 

Saat itu, posisinya sebagai Menteri Kesehatan digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin. 

Karir Terawan di kemiliteran dimulai saat menjadi dokter militer di TNI Angkatan Darat pada 1990. Tugas pertamanya adalah sebagai Direktur Rumah Sakit Angkatan Darat di Mataram, Lombok selama delapan tahun, mulai dari 1990-1998. 

Terawan juga pernah tercatat sebagai Anggota Tim Dokter Kepresidenan pada 2009. Selain itu, ia merupakan dokter ahli di RSPAD Gatot Soebrata. ***

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - TriasPolitica.net | All Right Reserved